Tuesday, December 22, 2015

Bukit Nanggi Lombok

Leave a Comment
Bukit Nanggi terletak pada area gunung rinjani tepatnya di timur Gunung Rinjani yang masuk dalam National Geopark, yang masuk dalam kawasan Desa Sembalun Bumbung Kec. Sembalun Kabupaten Lombok Timur. Ini adalah bukit tertinggi di Sembalun dengan ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut. Bukit ini memiliki jarak tempuh sekitar 4 jam pendakian dari posko pendapaftaran. Tidak jauh berbeda dari bukit lain (Pergangsingan, anak dara dan bukit lincak), Nanggi memiliki pemandangan yang indah. Dari bukit ini, Anda bisa melihat keindahan Gunung Rinjani dan melihat Desa Sembalun secara penuh, terlebih lagi area pertanian warga yang begitu unik. Dimana area pertanian warga memiliki warna yang berbeda-beda layaknya pelangi dilangit, hal tersebut menjadi  objek perhatian yang mampu menyegarkan hati dan pikiran. Tidak hanya itu, bahkan dari atas bukit, anda dapat melihat anggunnya Gunung Tambora, selain itu dari atas bukit nanggi ada dapat melihat desa yang berada di daerah Sambelia, Pringgabaya, Suela dan sekitarnya.
Meskipun banyak pengunjung lokal dan asing yang datang ke bukit ini, tapi akses jalan untuk mencapai puncak bukit tidak seperti pemandangan yang indah yang akan diperoleh dari puncak bukit, yang berarti bahwa jalan masih relatif sulit. Terutama untuk pendaki kurang berpengalaman (pemula), sehingga pendakian membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan pendaki yang berpengalaman. Selain itu, selama musim hujan, jalan menjadi licin, alangkah baiknya jika anda pergi kebukit nanggi ketika musim panas, tentu ini akan mempermudah perjalanan anda.
Tapi ketika sampai di puncak bukit ini, kelelahan dan kedinginan selama 4-5 jam perjalanan mulai menghilang. Keindahan yang disajika akan membuat anda lupa betapa sulitnya jalanan/trek yang sudah anda lalui. Karena ketika Anda melihat ke utara-barat, benar-benar panorama yang begitu indah jika dilihat dari sana. Warna matahari yang akan meninggalkan langit biru, untuk menyembunyikan senja mencerminkan rasa kagum pada setiap pengunjung yang melihatnya. Begitulah suasana cahaya redup di sore hari, ketika matahari perlahan ditelan perkasa Gunung Rinjani, kesempurnaan dan keindahan sunset tak tertandingi di tempat lain. Tetapi bagi mereka yang tidak terbiasa dengan dingin harus siap-siap untuk merasa tidak nyaman, karena desa Sembalun dikenal sebagai tempat yang cukup dingin. akan tetapi hawa dingin yang dirasakan akan terobati dengan api unggun yang menyala sambil menikmati malam di puncak bukit Nanggi yang tenang dan damai. 
Ketika pagi mulai datang, anda akan menikmati semua keindahan yang dijanjikan oleh bukit Nanggi. Para pengunjung pasti tidak akan melupakan saat-saat melihat matahari terbit dari upuk timur untuk mencerahkan dunia. Matahari terbit yang begitu menakjubkan. Perlahan matahari keluar dari balik pegunungan di pulau Sumbawa, untuk menerangi dunia. Satu demi satu pemandangan yang lain di sekitar memperlihatkan keindahannya, mengagumi pemandangan dari desa terdekat Sembalun Kabupaten Lombok Timur. Dari ujung timur terlihat perkampungan warga dari daerah Sambelia. Demikian pula, dengan daerah Pringgabaya, Suela dan Wanasaba.
Untuk keamanan dan kenyamanan perjalanan Anda, maka Anda harus membeli tiket kawasan wisata bukit Nanggi. Harga tiket masuk tidak mahal, cukup dengan Rp. 10.000, - / orang. Dengan Rp. 10.000, - Anda sudah mendapatkan tujuan wisata yang luar biasa dan Anda tidak akan pernah menemukannya di tempat lain. Oleh karena itu, biarkan langkah kaki anda ke puncak bukit Nanggi, Sembalun Bumbung. Tiket masuk dapat dibeli pada posko ketika akan memasuki areal pendakian.
Kendaraan yang anda pakai (sepeda motor atau mobil) dapat ditaruh di rumah-rumah warga yang telah diberi tanda sebagai tempat parkir oleh pengelola bukit nanggi dan yakinlah bahwa kendaraan Anda dijamin aman sampai anda kembali dari puncak bukit. Untuk sepeda motor dikenakan biaya Rp. 10.000, - / malam. Di daerah sekitar, ada juga dapat menyewa tenda, jadi jangan khawatir jika anda tidak membawa tenda dari rumah karena Anda dapat menyewa tenda yang ada di sekitar kawasan wisata ini. Harga untuk menyewa tenda adalah Rp. 100.000, - / malam.

Bagaimana Cara Menuju Gunung Nanggi?

Kota Mataram ke Desa Sembalun jarak tabung sekitar 90 Km, rute yang dilalui adalah Kota Mataram -Bertais - Masbagik - Aikmel - Suela – Sembalun, dapat dicapai dengan kendaraan roda dua maupun roda empat sekitar 1,5 sampai 2 jam. Setelah mencapai desa Sembalun Bumbung, maka akan dilajutkan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 4 jam untuk sampai ke puncak bukit  Nanggi. Karena termasuk wisata yang relatif masih baru dan masih tidak ada yang tahu keberadaannya, sehingga jalan ke bukit hanya diketahui oleh orang-orang lokal. Saran saya, maka Anda dapat menyewa orang lokal atau pemuda desa sebagai pemandu wisata atau penujuk jalan jika Anda ingin mendaki bukit ini. 
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 comments:

Post a Comment