Monday, August 17, 2015

Taman Narmada, sumber mata air awet muda di Lombok

Leave a Comment
air awet muda di taman narmada lombok
Taman Narmada merupakan salah satu tempat berwisata yang cukup popular dikalangan para wisatawan yang datang berkunjung ke Lombok. Selain menyajikan pemandangan yang elok, di taman narmada juga terdapat sebuah sumber mata air awet muda yang merupakan wisata yang banyak di kunjungi oleh wisatawan. Konon jika anda dapat meminumnya anda akan menjadi awet muda. Taman Narmada adalah replica dari Gunung Rinjani. Taman Narmada berada di desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat atau 10 km arah timur kota Mataram. waktu tempuhnya sekitar 30 menit dari kota Mataram.
taman narmada lombok ntbTaman ini dibangun pada tahun 1805 oleh Raja Mataram Lombok Anak Agung Ngurah Karangasem. Pada awalnya, Taman Narmada di bangun untuk tempat perayaaan upacara Pakelem yang dilaksanakan setiap purnama kelima tahun Caka. Selain itu Taman Narmada juga tempat peristirahatan para Raja dan keluarga saat musim kemarau. Ada yang mengatakan bahwa desain Taman Narmada di dibuat meniru suasana yang ada di puncak Gunung Rinjani. Nama Narmada berasal dari sebuah sungai suci di India.
taman narmada lombok ntb
Lombok memang menyimpan banyak cerita legenda, mitos dan kisah-kisah kerajaan. Itu yang menyebabkan setiap objek wisata disini selalu mempunyai latar belakang sejarah dan karna factor itulah beberapa para wisatawan datang berkunjung ke Lombok Taman Narmada tidak hanya mempunyai kolam air sebagai daya tarik. Di kompleks yang oleh pemerintah ditetapkan sebagai kompleks bangunan Cagar Budaya juga terdapat Pura Kelasa. Di Pura ini setiap tahunnya diadakan upacara Pujawali untuk menghormati Dewa Batara yang dipercaya tinggal di Gunung Rinjani. Bentuk Pura Kelasa seperti punden berundak dan menjadi salah satu dari pura paling tua di Lombok. Karena sejak awal memang didesain untuk menyerupai Gunung Rinjani, maka untuk masuk ke Pura Kelasa ini Anda harus melewati puluhan anak tangga.
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 comments:

Post a Comment