Friday, August 21, 2015

National Park mt Rinjani

2 comments


national park mt rinjani
 Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi yang memiliki ketinggian 3.726 meter dari permukaan air laut serta merupakan gunung tertinggi ke tiga di Indonesia setelah Jaya Wijaya /Punak Cartenzs Dengan Ketinggian 4.884 meter dari permukaan air laut & Gunung Kerinci Dengan Ketinggian 3.805 meter dari permukaan air laut terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur.

Rinjani memiliki panaroma yang bisa dibilang paling bagus di antara gunung-gunung di Indonesia. Setiap tahunnya (Juni-Agustus) banyak dikunjungi pencinta alam mulai dari Penduduk lokal,dan mahasiswa. Suhu udara rata-rata sekitar 20°C; terendah 12°C. Angin kencang di puncak biasa terjadi di bulan Agustus.

national park mt rinjani
Selain puncak, tempat yang sering dikunjungi adalah Segara Anakan, sebuah danau kawah di ketinggian 2.000 meter dari permukaan air laut. Untuk mencapai lokasi ini kita bisa mendaki dari desa Senaru atau desa Sembalun Lawang dua entry point terdekat di ketinggian 500 meter dari permukaan air laut dan 1.200 meter dari permukaan air laut. Kebanyakan para pendaki menyukai start entry dari arah Sembalun, karena bisa menghemat 700m ketinggian. Rute Sembalun agak panjang tetapi datar, dan cuaca lebih panas karena melalui padang savana yang terik suhu dingin tetapi radiasi matahari langsung membakar kulit

national park mt rinjani
Gunung Rinjani juga menyimpan sejumlah misteri. Salah satu misteri terbesarnya adalah Dewi Anjani. Dewi Anjani konon adalah keturunan langsung Raja Selaparang hasil dari pernikahan sang Raja dengan mahkluk halus yang bermukim di gunung Rinjani ketika beliau memohon hujan untuk daerahnya karena kekeringan panjang yang melanda Kerajaan Selaparang pada masa itu. Karena itulah sampai saat ini masyarakat Suku Sasak dan Hindu Dharma di pulau Lombok sering melakukan ritual Mulang Pekelem yaitu ritual memohon hujan kepada Dewi Anjani dengan memberikan sesembahan berupa lempengan emas yang berbentuk segala macam mahkluk air dengan cara ditenggelamkan ke danau Segara Anak.
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

2 comments: