Sunday, August 23, 2015

Bukit Anak Dara (1850 mdpl)

Leave a Comment
wisata bukit di lombok
Bukit Anak Dara adalah bukit yang terletak di sembalun lawang, memang bukit ini masih kalah tenar dengan adiknya yaitu bukit Pergasingan. Tapi jangan salah, bukit anak Dara jika dilihat dari letaknya berada pas ditengah-tengah sehingga memberikan panorama 360 derajat yang sangat luar biasa. Ditambah lagi dengan puncaknya yg mengkerucut sehingga panorama 360 derajat dapat dengan mudah kita nikmati dengan cukup memutar badan saja. 

wisata bukit di lombok
Di perjalanan kita melalui dua macam vegetasi yaitu hutan dan savana yang dihuni oleh banyak burung-burung bersuara merdu jadi jangan lupa untuk berhenti sejenak menikmati suara-suara dari penghuni hutan ini, bahkan divegetasi savananya saya masih bisa melihat burung-burung kecil yang terbang berpasangan menembus kabut-kabut yang tebal. Bagi saya pribadi, ini adalah sebuah perjalanan yang menakjubkan, jadi sebelum kamu "Die", kamu harus ketempat ini.
wisata bukit di lombokSalah satu yang unik dari pendakian bukit Anak Dara adalah disepanjang pos 2 sampai di puncaknya, kita disuguhi keindahan bunga-bunga edelweis disepanjang jalur pendakian. Tentunya tidak disarankan untuk memetik atau dibawa pulang. View puncak gunung Rinjani dan bukit Pergasingan juga dapat dinimakti sepanjang perjalanan menuju puncak.
wisata bukit di lombokSetelah mendaki melewati kabut tebal dan tiba di puncak, kami mulai pesimis dengan cuacanya, berkabut dan mendung. Hujan rintik-rintik dan hujan intensitas sedang mengguyur tenda sepanjang malam. Saya selalu yakin bahwa badai pasti berlalu, dan benar saja setelah diguyur hujan, cuaca mulai perlahan-lahan cerah. 
wisata bukit di sembalun
Dan Taraaaa..... bintang-bintang berkilauan muncul satu persatu. Dan yang paling spesial yang tidak bisa disaksikan di kota adalah galaksi bima sakti yang merupakan galaksi tempat tata surya kita berada. Tanpa polusi cahaya, galaksi bisa sakti dapat kami nikmati dengan mata telanjang di Bukit Anak Dara.


wisata di bukit anak dara
Perlahan-lahan matahari mulai terbit dan menyinari puncak gunung Rinjani, sedikit-demi sedikit banyangan yang menghalangi pandangan kami ke hamparan sawah dan desa sembalun terus menghilang. Ada yang menarik bagi saya disini, bahwa ternyata baikan Adik Kakak, bayangan puncak bukit Anak Dara dan puncak gunung Rinjani persis sama. Dengan menunggu waktu yang tepat saya gunakanlah sedikit imajinasi untuk membuat banyangan gunung Sangkareang dengan bukit kecil yang ada dibawah. Dan Taraaaa... terciptalah sebuah siluet banyangan yang hapir sama, puncak bukit Anak Dara dan puncak Rinjani beserta gunung Sangkareang. Disinilah saya merasakan sakralnya bukit ini.
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 comments:

Post a Comment