Saturday, July 18, 2015

Pantai Pink Lombok

Leave a Comment
pantai pinkMendengar kata pink tentu yang terbayang di pikiran ada adalah pantai merah muda yang tetunya terlihat manis (gula kali). Di dunia hanya terdapat beberapa pantai yang memiliki pantai yang memiliki pasir berwarna pink. Indnesia memiliki hanya 2 tempat yaitu: di NTT dan di Lombok. Sebagai warga lombok tentu saya sangat bersyukur memiliki pantai yang mempunyai pasir berwarna pink. selain terkenal dengan pantai Pink, pantai ini juga di sebut sebagai pantai tangsi oleh masyarakat sekitar, asal usul di sebut sebagai pantai pink tidak lain adalah pasirnya yang berwarna pink tentunya.

letak pantai pink/pantai tangsiPantai pink terletak di bagian selatan, tepatnya di desa jerowaru kecamatan jerowaru Lombok Timur, untuk mecapai tempat ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari Bandara Internasional Lombok. Terakhir saya kesana jalan yang kita lalui sebagian masih belum beraspal, jalan tersebut cukup mengocok perut anda karna jalan yang belum beraspal tersebut memiliki panjang sekitar  7 Km, belum lagi debu yang berterbangan yang disebabkan oleh kendaraaan yang lalu lalang. Tapi jangan khawatir jalan yang rusak akan di obati dengan pantai yang begitu indah. jika anda berkunjung ke pantai ini anda dapat sekaligus menikmati Pantai Temeak dan sekaligus menikmati Gili Petelu 


pasir pantai pink
Saran saya, datang di bawah jam 9, karena di jam-jam tersebut pasirnya sangat terlihat lebih jelsa berwarna pink dan jangan pergi ketika musim kemarau karena tidak ada tempat berteduh (tanamannya pada berguguran). Selain memiliki pasir yang berwarna pink disana juga terdapat sebuah goa peninggalan penjajah, walapun goa tersebut memiliki panjang kurang dari 1 Km.




  • Cara Menuju Pantai Pink Lombok

Dari Mataram arahkan kendaraan kita menuju kota Praya, skitar 45 menit ke timur, plank petunjuk jalan banyak di pertigaan maupun traffic light. Sesampainya di Praya lanjutkan kendaraan menuju Kecamatan Keruak skitar 30 menit dari praya, patokannya nanti akan bertemu SPBU Keruak, 100 meter setelah SPBU tersebut kita menemukan pertigaan jalan, beloklah ke kanan lurus terus hingga menemukan SMPN 1 Jerowaru, yang ini sekitar 10 km dari pertigaan, jalanan yg sepi tapi aman. Dari SMPN 1 Jerowaru kita akan menemukan pertigaan, beloklah ke kiri terus saja, jalan tanah akan menghadang kita, ini bisa dilalui mobil tetapi mesti pelan-pelan. Lurus terus sampai kita menemukan plank nama Pantai Pink sekitar 45 menit. Parkirlah kendaraan di orang sekitar yg telah menyediakan jasa menjaga kendaraan. Mobil 10ribu dan Motor 5ribu.


Jika kurang yakin terhadap jalan, turunlah dari kendaraan, lalu bertanyalah pada orang yang anda temui di jalan. atau mampir membeli minuman sambil bertanya, itu lebih baik.
Lama perjalanan dari Mataram – pantai pink sekitar 2 hingga 2,5 jam perjalanan.
Alternative lain jika tak ingin melewati jalan tanah yg jelek. Kita bisa menumpang perahu dari Tanjung Luar. Desa tanjung luar sendiri berada di ujung timur desa keruak, artinya setelah SPBU keruak jangan berbelok kiri menunju SMPN 1 Jerowaru tetapi lurus saja sampai bertemu pelabuhan sederhana jual beli ikan. Menyewa perahu dari Tanjung luar sekita 350ribu PP, berisi 8-10 orang. Lama perjalanan sekitar 45 menit dengan perahu tersebut.

Pantai Pink bisa untuk mendirikan tenda, hanya saja saya pribadi kurang merekomendasi, karena masih sepi dan jauh dari perumahan penduduk, sehingga kalau terjadi hal yg tidak di inginkan sulit meminta pertolongan.
pantai pink cukup bagus untuk snorkel, karena berada dalam telukan. 

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 comments:

Post a Comment